Selasa, 03 Juni 2008

PENERIMAAN KAS

Penerimaan Kas
Dalam usaha skala kecil, pemilik akan mengelola pengendalian secara pribadi dan supervisi. Ini mengharuskan adanya campur tangan langsung, dalam perusahaan berbagai ukuran, adanya penggantian sistem pengendalian internal yaitu pemisahan tugas. Tak seorangpun yang menetapkan untuk mengelola kas, pada saat bersamaan, dalam posisi untuk melakukan pencatatan mempengaruhi aktivitasnya.
Pengendalian khusus untuk penerimaan kas diuraikan sebagai berikut:
1. Semua penerimaan kas harus masuk ke bank tepat waktu.
2. Penerimaan dari penjualan tunai harus didukung oleh kartu penjualan.
3. Akuntabilitas harus sesuai dengan kenyataan setiap kas dipindahkan.
4. Orang yang menerima uang tunai tidak boleh mengeluarkan uang tersebut, mencatat jurnal transaksi kas atau rekonsiliasi laporan bank.
Pengeluaran Kas
Ide utama di sini adalah bahwa pembayaran harus dilaksanakan oleh hanya orang yang semestinya diijinkan, sama halnya dengan penerimaan, dan dokumen pendukung yang ada memadai untuk dilakukannya pembayaran. Di bawah ini adalah pengendalian internal yang berhubungan dengan pengeluaran kas:
1. Semua pengeluaran, kecuali kas kecil harus menggunakan cek bernomor.
2. Voucher dan dokumen pendukung harus diajukan untuk diperiksa ketika cek ditandatangani.
3. Pihak yang menandatangani cek tidak boleh memiliki akses untuk penerimaan kas, tidak boleh mengelola uang atau melakukan pencatatan jurnal kas dan tidak boleh merekonsiliasi rekening bank.
Keseimbangan Kas
Prinsip dasar dari pemisahan tugas adalah penjelasan dalam pengendalian khusus untuk keseimbangan kas:
1. Rekonsiliasi bank harus dibuat oleh pihak yang tidak menerima kas atau menandatangani cek
2. Laporan bank dan pembayaran melalui cek harus diterima tertutup oleh pihak yang yang melakukan rekonsiliasi rekening.
3. Semua dana kas di tangan harus diamati dengan teliti dan dihitung berdasarkan waktu.
Jika syarat bahwa semua penerimaan kas di masukkan ke bank dilaksanakan, akan jelas bahwa pada laporan bulanan bank dapat menghasilkan pengendalian keseimbangan kas yang kuat.

Tidak ada komentar: